Ichal Tema
  • Bakung Maju Bersama Desa Sungai bakung
  • Jl Desa Sungai Bakung Rt 03 Desa Sungai Bakung Kec. Sungai Tabuk Kab. Banjar
  • sekretariat@sungaibakung.banjarkab.go.id

Visi dan Misi

VISI dan MISI

 

VISI

Visi pembangunan desa adalah suatu gambaran yang menerangkan tentang kondisi desa yang di inginkan pada akhir periode perencacaan pembangunan desa yang dipresintasikan dalam sejumlah sasaran hasil pembangunan yang dicapai melalui berbagai setrategi, kebijakan,program, dan kegiatan pembangunan desa dengan melihat potensi dan kebutuhan desa. Penetapan visi pembangunan desa, sebagai bagian dari perencanaan strategis pembangunan desa, merupakan suatu langkah penting dalam perjalanan pembanngunan suatu desa mencapai tujuan yang diharapkan.

Visi Pembangunan Desa Sungai Bakung Tahun 2023-2028  disusun berdasarkan pada sumber utama dari visi Pambakal (Kepala Desa) terpilih melalui proses pemilihan Pambakal (Kepala Desa) secara langsung yang saat ini sedang menjabat. Mengingat bahwa kepala Desa terpilih dalam pemilihan Pambakal (Kepala Desa) 17 Nopember tahun 2022  belum menyusun RPJMDesa, maka Visi dan Misi dalam RPJMDes ini ditetapakan untuk tahun 2023-2028, yang dilakukan dengan pendekatan partisipatif, melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di Desa Sungai Bakung seperti pemerintah Desa Sungai Bakung, BPD,LPMD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan masyarakat desa pada umumnya. Serta pertimbangan kondisi eksternal didesa seperti satuan kerja wilayah pembanguan di Kecamatan Sungai Tabuk. Namun demikian dapat dimungkinkan apabila Pambakal (Kepala Desa) terpilih dalam pemilihan Pambakal (Kepala Desa) pada periode yang akan datang akan merubah Visi dan Misi yang sesuai dengan Visi dan Misi yang bersangkutan.

Visi pembanguan desa Tahun 2023-2028 ini disusun dengan memperhatikan mengacu visi pembangunan daerah yang termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Banjar Yaitu : “ Terwujudnya Kabupaten Banjar Maju, Mandiri dan Agamis ”

Adapun Visi dan Misi Desa Sungai Bakung Tahun 2023-2028 adalah :

“ BERSAMA MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN DESA SUNGAI BAKUNG YANG “ASPIRATIF” AKUNTABEL, TRANSPARAN, INOVATIF, DAN PARTISIPATIF MENUJU MASYARAKAT MANDIRI DAN KOMPETITIF ” .

Rumusan Visi tersebut merupakan suatu ungkapan dari suatu niat yang luhur untuk memperbaiki dalam penyelanggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di Desa Sungai Bakung baik secara individu maupun kelembagaan sehingga 6 (enam) tahun kedepan Desa Sungai Bakung mengalami suatu perubahan yang lebih baik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dilihat dari segi ekonomi dengan dilandasi semangat kebersamaan dalam Penyelangaraan Pemerintahan dan Pelaksanaan Pembangunan.

 

MISI

Untuk mewujudkan Visi tersebut, maka misi yang akan dlakukan adalah sebagai berikut:

  1. Mewujudkan pola pemerintahan yang Terbuka, jujur dan Amanah (Open Government).
  2. Meningkatkan kerjasama antara Aparat Desa dengan masyarakat dalam pemerintahan Desa yang berintegritas dan keterbukaan untuk menuju pelayanan yang lebih baik
  3. Melakukan perubahan Birokrasi dan pemberdayaan Masyarakat.
  4. Koordinasi dan bekerja sama dengan semua unsur kelembagaan desa guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
  5. Meningkatkan peran serta ulama dan tokoh masyarakat dalam program pembangunan untuk menuju kehidupan masyarakat yang lebih agamis.
  6. Memprogramkan pembangunan Infrastruktur yang tepat sasaran dan terarah untuk menghindari terjadinya kesenjangan sosial didalam masyarakat.
  7. Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan, kesehatan dengan melakukan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.
  8. Meningkatkan Perekonomian dan kesejahteraan Masyarakat.
  9. Meningkatkan pendapatan asli desa terutama dari sumber-sumber pendapatan kelompok wirausahawan desa (Entrepreneurs Village) melalui pengembangan usaha mikro, Kecil dan menengah (UMKM) agar tidak membebani masyarakat.
  10. Memberdayakan organisasi kepemudaan melalui Kegiatan Karang Taruna Desa untuk menyalurkan kreatifitas para remaja.